Pengertian ISD Dan IPS


Nama    : Yahya Asy'ari
Kelas     : 1 KA 33
NPM     :  17111479
1. Pengertian ISD

ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Dan mengajarkan mahasiswa bahwa kita hidup bukan di dunia milik pribadi,tetapi banyak orang-orang yang berada di sekitar kita untuk tidak berperilaku dengan seenaknya saja.

2. Tujuan ISD

ISD merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
Mahasiswa juga diharapkan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat dan bisa menjadi panutan yang baik dalam segala hal bagi lingkungan sekitarnya sebagai seseorang yang berpendidikan atau kuliah di perguruan tinggi karena dari awal sudah di ajarkan Ilmu Sosial Dasar.

3. Fungsi ISD Dalam Perguruan Tinggi

Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Tujuannya adalah :
1.Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian mahasiswa agar mampu berperan sebagai anggota masyarakat dan bangsa serta agama.
2. Untuk menumbuhkan kepekaan mahasiswa terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang timbul di dalam masayrakat Indonesia
3. Mencetak insan-insan yang memiliki wawasan yang luas guna membantu pemerintah melakukan pembangunan bangsa dan Negara.
4. Membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yang lebih luas dan cirri-ciri kepribadian yang diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia-manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia-manusia lain terhadap manusia yg bersangkutan secara timbal balik.


A. Perbedaan ISD dan IPS

Terdapat perbedaan antara ISD dan IPS, yaitu:Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan. Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang IlmuPengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan). Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
B. Persamaan ISD dan IPS
  1.  Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan atau pengajaran.Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.      
  2. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
  3. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.
Ruang Lingkup ISD :

Materi ISD terdiri dari masalah-masalah social dengan demikian bahan matapelajaran ISD dapat dibedakan atas 3 golongan :
  1. Kenyataan social yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah social tertentu.
  2. Konsep / pengertian tentang kenyataan social dibatasi pada konsep dasar yang diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah social yang dipahami dalam IPS.
  3. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagaikenyataan-keyataan social yang antara 1 dengan yang lainnya saling berkaitan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar