Biaya



1.      Apa yang dimaksud dengan biaya? dan sebutkan macam-macam biaya!!

uang yg dikeluarkan untuk mengadakan (mendirikan, melakukan, dsb) sesuatu produksi barang maupun jasa baik sebelum dilakukan maupun yang akan dikerjakan

Macam-macam biaya :

ü  Biaya investasi (First or Investment Cost) adalah seluruh biaya yang dikeluarkan oleh entitas investor dalam perolehan suatu investasi.

ü  Biaya Operasi dan Pemeliharaan (Operation and Maintenance Cost) adalah biaya yang dikeluarkan oleh Transporler untuk pengoperasian dan pemeliharaan Fasilitas.contoh beban penyusutan, beban pemasaran.

ü  Biaya tetap (Fixed cost) adalah biaya tetap merupakan biaya yang secara total tidak mengalami perubahan,walaupun ada perubahan volume produksi atau penjualan (dalam batas tertentu)..

ü  Biaya variabel (Variabel Cost) adalah biaya yang secara total berubah-ubah sesuai dengan volume produksi atau penjualan..

ü  Biaya marjinal adalah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menghasilkan suatu unit tambahan produk. Contoh pembelian mesin,bangunan dan lain-lain.

ü  Biaya langsung (Direct  Cost) adalah biaya-biaya untuk pengadaan sumber daya yang terkait secara langsung dengan pelaksanaan setiap kegiatan yang tercantum dalam pay item kontrak.


1.      Peralatan
2.      Bahan baku
3.      Tenaga Kerja
4.      Subkontraktor

ü Biaya tidak langsung (Indirect Cost) adalah  segala biaya yang terkait dengan penyelenggaraan proyek dan tidak bisa dibebankan secara langsung

1.      Biaya lapangan umum
2.      Gaji pelaksana
3.      Biaya administrasi

ü  Biaya satuan (Unit Cost) adalah biaya yang dihitung untuk satu satuan produk pelayanan, diperoleh dengan cara membagi biaya total (TC) dengan jumlah/kuantitas output atau total output (TO) atau : UC = TC/TO
ü  Biaya Total ( Total Cost = TC) . Biaya total adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produksi.

TC=TFC+TVC
Dimana  TFC  = total fixed cost
TVC = total variable cost.

2.      Jelaskan kurva biaya?

Kurva biaya adalah kurva yang menunjukan biaya produksi untuk  mengetahui peningkatan serta penurunan kapasitas memproduksinya.

3.      Jelaskan mengapa konsep biaya perlu dipertimbangkan oleh semua organisasi perusahaan?

Karena perusahaan atau industri yang menghasilkan barang, dalam memberikan pelayanan kepada konsumen haruslah memahami penggunanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Dari sisi kualitas dan kuantitas barang yang dihasilkan harus disesuaikan dengan biaya produksi, jika tidak perusahaan akan menderita kerugian.

4.      Jelaskan bagaimana tindakan perusahaan jika tingkat penjualan sangat rendah tetapi perusahaan ingin tetap ada dipasar, konsep seperti apa yang perlu diterapkan perusahaan tersebut?

Jika hal seperti di atas terjadi, perusahaan perusahaan harus segera memeriksa pasaran dalam  hal apa yang kurang dalam kualitas produk mereka atau  apa yang diinginkan oleh konsumen, dan mencoba untuk memberikan produk yang sesuai dengan permintaan pasar dan dengan kualitas yang terbaik.

5.      Coba anda buat pengkategorian biaya !

1.       Biaya Penjualan :
ü  Biaya Gaji dan Komisi Penjualan;
ü  Biaya Advertensi;
ü  Biaya Bahan Pembantu untuk bagian penjualan dan toko;
ü  Biaya Depresiasi aktiva tetap bagian penjualan;
ü  Biaya Depresiasi alat pengangkutan penjualan;
ü  Biaya yang berhubungan dengan bagian penjualan.
2.      Biaya Administrasi dan Umum :
ü  Biaya Gaji Pimpinan dan Pegawai Kantor;
ü  Biaya bahan pembantu untuk kantor;
ü  Biaya Depresiasi Aktiva tetap kantor;
ü  Biaya Telepon, air, listrik, parkir dll.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar